Sunday, January 8, 2012

OSIS : mereka bukan temanku , mereka keluargaku

.
..
...
"Saya terima tongkat kepemimpinan OSIS SMA Kr Satya Wacana dari periode 2010/2011 untuk diteruskan kepada periode 2011/2012 dengan sebaik2nya"

kata-kata yang mengawali karir di OSIS pada LDKS tanggal 29 januari 2011 . kakak ketua OSIS yg terdahulu dan teman2 inti OSIS terlihat sangat sedih . entah apa yang terjadi mereka hanya diam dan kaku . tiba saatnya persembahan dari kakak2 OSIS . satu sama lain terlihat bisu . mereka membawakan sebuah lagu dari ipang yang berjudul sahabat kecil . Semakin lama lagu mereka nyanyikan , makin terlihat jelas air mata berjatuhan . Nyanyian itu menjadi agak tidak jelas karena isak tangis yang semakin menggebu . Tapi memang bukan kejelasan yang mereka tunjukkan di lagu itu , tapi makna lagu itu sendiri yg begitu hebat bagi mereka . Aku jadi bingung dan diam sambil bertanya "apa memang segitunya ?" . aku hanya ikut diam , tapi anehnya aku tersentuh . aku merasa seorang ketua yang menangis di depan anggotanya pasti akan terlihat lemah , ia harus tetap tegar . Aku berjanji selama setahun masa jabatanku di OSIS tidak akan menangis di depan anggota pengurus OSIS , separah apapun itu .
...
..
Sejak berlalunya LDKS , khususnya setelah menerima tongkat kepemimpinan OSIS , ak resmi menjadi ketua OSIS periode 2011/2012 . menjadi seorang ketua OSIS SMA lab benar2 membuatku sibuk . Event besar yang diadakan ada valentine day , paskah , prom nite , MOS , Lab Cup , bulan bahasa , crazy day , natal , dan LDKS . belum juga mengurusi kegiatan kami di OSIS itu sendiri(paskibra, ekstra, dll) . Semua bercampur aduk bagaikan minuman kopi . kopi yang pahit , namun kenikmatan kopi itu sendiri berasal dari kepahitan kopi .

OSIS tidak bisa diceritakan melalui kata2 . Rasanya sangat berkesan buat ak sendiri . dulunya aku yg ga bisa melakukan apa2 di ke organisasian , sekarang sudah bisa melakukan banyak hal berkat pengalaman di OSIS . pengalaman bersama teman2 itu tidak bisa di beli dengan uang . di saat kita terjatuh dan berjaya bersama2 dengan sahabat kita itulah kita mendapat sebuah momen indah di OSIS .

Sudah banyak pengorbanan yang telah dilakukan temen2 di OSIS untuk kelangsungan organisasi . terimakasih banyak selama setahun semua teman2 pengurus OSIS periode 2011/2012 sudah bekerja sama aku . walaupun ada konflik yang timbul di antara kita , puji Tuhan semua itu dapat kita lewati sampai berakhirnya periode kita . Terimakasih yaa semua teman2 dari IPA , IPS , maupun Bahasa untuk dukungannya selama ini .

Semua cerita di antara kita akhirnya berakhir pada LDKS 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 6-8 januari 2012 . hari pertama pada pemberangkatan aku sangat kecewa karena adik kelas penerusku tampak tidak serius dan menyepelekan pada pemberangkatan . pikirku mereka menganggap LDKS sebagai acara refreshing , itu membuatku kesal . Untungnya rasa kesal itu tidak berlanjut hingga malam harinya saat kami sudah ada di RR Syalom , Bandungan . Malam itu pembagian nama kelompok LDKS serta talent show . Alhasil besok paginya pada tanggal 7 kami mendapat nama2 kelompok LDKS yang diambil dari nama kendaraan yang ditambahkan embel2 dibelakangnya (kere'ta kkan'kaya , mobil goyang , dll) .

Sorenya menjelang malam , wisma syalom dipenuhi anak2 calon OSIS yang latihan yel2 dan talent show untuk malam harinya . Dan akhirnya tiba juga saatnya untuk malam talent show . acara malam talent show dimulai dengan lagu as we walk dan hamfa krik yang membuat anak calon OSIS lebih semangat . beberapa teman2 OSIS periode 2011 juga datang dan menonton talent show . talent show berlangsung sangat gokil . bener2 hebat anak calon OSIS saling menampilkan penampilan talent mereka . salut sama kalian semua :) . selebihnya acara pada hari itu dilanjutkan dengan renungan malam dan acara lainnya . Puji Tuhan semua acara dapat benar2 tersampaikan maknanya dan berjalan dengan baik .

Tiba juga pada hari terakhir LDKS pada tanggal 8 januari 2012(hari ini) . Semua anak2 OSIS bangun kesiangan . Tiba juga sesi teamwork yang disampaikan oleh para alumnus dan oleh inti OSIS lama . Semoga semua hal yang disampaikan tidak dilupakan , tapi jadi pelajaran bagi anak2 OSIS baru . Entah kenapa , tapi semakin mendekati akhir acara , perasaan makin ga jelas .

Pada penutupan acara LDKS , diadakan upacara dalam rangka penyerahan tongkat kepemimpinan OSIS pada periode terbaru . Une sudah selesai dengan video persembahan OSIS yang baru selesai satu menit sebelum upacara . Akhirnya tiba juga saat penyerahan tongkat kepemimpinan OSIS kepada penerusku , monic yang aku tembuskan lewat perantara sekolah .

"Dengan ini saya menyerahkan tongkat kepemimpinan OSIS SMA Kr Satya Wacana dari periode 2010/2011 untuk diteruskan kepada periode 2011/2012 dengan sebaik2nya"
... 
entah mengapa rasanya sangat berat hati , rasanya tidak rela melepas tongkat yang tergenggam di tangan . entah sejak kapan, air sudah mengumpul di mata begitu tongkat sudah kuserahkan ke sekolah . Akhirnya selesai sudah tugasku pikirku . Berlanjut ke persembahan OSIS yang di awali dengan pemutaran video . Video cerita kita semua di OSIS; para pengurus OSIS periode 2011 khususnya inti OSIS . dimulai dari LDKS sampai natal . Rasanya sangat sedih mengingat waktu kami bersama tinggal sebentar . Semua manis pahit di OSIS terlihat di video kami dengan jelas . mulailah air mata berjatuhan . Setelah persembahan video , kami mempersembahkan sebuah lagu yang lebih ceria daripada tahun lalu dari vicky sianipar ft ihsan yang berjudul 'sahabat' . kami bernyanyi sambil mengingat semua cerita2 kami sepanjang masa OSIS kami .

"lalui indahnya dunia , silih berganti rasakan semua yang ada . bertahanlah tetaplah denganku , kuperlu itu semua ..."

yaa , tak sadar aku sudah menangis . rasanya sangat sedih . rasanya lega semua sudah selesai , tapi juga sedih karena berakhirnya OSIS periode 2011 . aku sudah berjuang dengan hebat selama setahun penuh , dan akhirnya di gantikan . rasanya tidak bisa diungkapkan dgn kata2, apalagi harus berpisah dengan inti OSIS yang udah kyk keluarga sendiri buat aku . Terimakasih banyak yaa kawan :) . Puji Tuhan aku nangisnya setelah udah nyerahin tongkat kepemimpinan ke monic jadi ga nglanggar janji(setelah menahan dengan banyaknya masalah OSIS selama setahun) . Setelah persembahan kami , singkat cerita kami pergi kembali ke salatiga naik kendaraan tercepat abad 21 : isuzu(namanya blackberry) :D .

Siang ini sungguh menjadi sebuah cerita bagi kami yang merasakan . terimakasih sudah menjadi bagian di dalamnya . buat adik2 OSIS maaf yaa kalo selama LDKS aku lebih galak dari biasa , aku cuma sedih aja karena sudah waktnya bergeser . Yaa smoga mjdi jadi OSIS sudah merubah kalian jadi lebih baik . Buat anggota pengurus OSIS baru , ak berharap banget kalian bisa nganggep OSIS itu kayak aku nganggep inti OSISku . kurang lebih kayak judul note ini , okee-no ? :)

Sebenarnya ceritaku di OSIS sangat panjang dari kelas X . dulu kelas X pengen banget masuk OSIS , tapi ga kepilih padahal udah ngarep bgt :p . sempet jatuh dan down , tapi justru pengalaman pahit itu yang buat aku belajar dan mulai organisasi dengan bersosialisasi . dan akhirnya terpilih jadi ketos pada pemilu tahun 2010 . 

Untuk penutup note ini , cuma sekedar mengingatkan kembali kata2 ini :

"Mulailah segala sesautu dengan hati yang gembira dan sebuah senyuman . dengan itu kamu bisa mengalahkan seisi dunia"

thanks for reading , special thanks for semua yg dah bantu LDKS(jeje, guru, pihak syalom, dll), inti OSIS baru dan lama , pengurus OSIS lama dan baru , dan seluruh anak lab selama masa periode OSISku :)

No comments:

Post a Comment