Friday, April 13, 2012

A Note to Remember our Highschool Story-Part 3

The truth is, I was afraid the day I walked into School. And I was afraid the day I ought to walk out. 


tadi pagi anak kelas 12 angkatan 2009 melalkukan acara bidston persiapan UAN di GKJ 55 . Acara berakhir dengan baik dan mengharukan karena besok senin sudah UAN dan menjadi penentu besar dalam kelulusan angkatan . setelah selesai , aku terus berfikir tentang masa2 SMA yang sudah terlewati . Setibanya di rumah dengan pikiran yang masih terbawa ke acara tadi pagi , aku tidur . Dalam tidur , aku memimpikan sesuatu yang berbeda dengan mimpi biasanya . Ini bukanlah mimpi buruk , bukan juga mimpi indah ; mungkin lebih tepat berkesan yang sudah aku lewati . yaa , aku bermimpi menjadi anak kelas X yang baru masuk SMA LAB .


Semua cerita dari awal masuk sekolah hingga sampai saat2 ini semua terulang kembali sekilas dalam mimpi . dalam sekejap ingatanku segar akan semua cerita2 yang membawaku sampai sekarang ini . yaa , SMA benar2 merubah hidup . temanmu semasa SMP bisa menjadi musuh bebuyutanmu , mantan gebetenmu bisa jadi orang yang selalu menjelek2anmu , permen berubah menjadi rokok , sex berubah menjadi ciuman , bekas permen karet di sudut sekolah , coretan di laci meja ruang agama , dan banyak sekali hal2 yang terjadi walaupun tidak terjadi pada setiap anak . walaupun mungkin tidak se ekstrim itu , tapi pasti terjadi perubahan(jasmani ataupun rohani) . Lihat dirimu sendiri , sudah sejauh manakah berubah ? :)


Hidup sebagai murid SMA itu sungguh memberikan pelajaran . Persahabatan , cinta , kenakalan , dan banyak hal yang hanya bisa dilakukan sewaktu SMA . Kuliah sudah terlalu tua untuk melakukan kenakalan seperti anak remaja . Mungkin kuliah juga bisa menjalin persahabatan , tapi tidak sehebat SMA . Sebenarnya inti dari SMA bukanlah pelajaran . Karena pelajaran hanya menjadi bekal untuk kuliah , itupun tidak semua pelajaran . Memang sebagai pelajar tugas kita memang belajar , tapi ada nilai yang lebih penting yang ada dalam proses blajar 3 tahun itu .


Bekal untuk bekerja lebih di dasari pada bidang yang di ambil saat universitas , walaupun memang nilai SMA berpengaruh . Tapi pendidikan di Indonesia memang mencetak manusia yang mengejar nilai yang tinggi , bukan mendapat pengetahuan . Banyak pelajaran yang aku yakin pasti di masa depan ga akan di pakai sama sekali dan hanya membebani saja . Belum lagi sebagian besar orangtua yang ingin bangga dan memaksa anaknya terus belajar pasti menjadi sebuah tekanan bagi murid . Maaf kalau opiniku sepihak , tapi menurutku begitu berdasarkan apa yang dirasakan teman2 murid yang lain juga .


Disaat kita bermain bersama , menangis bersama , tertawa bersama , menyanyi bersama dan melakukan semuanya bersama sama sampai akhir adalah pelajaran yang lebih berharga dari seonggokan nilai di atas kertas . Dalam kurun waktu 3 tahun anak2 dari hampir seluruh Indonesia berkumpul di sekolah ini , membuat sekolah ini terasa seperti Indonesia mini . Dan besok senin , kita akan ke sekolah untuk mengakhiri SMA dengan ujian nasional .


SMA yang di warnai penuh dengan masalah . Dari kelas X sudah hampir tawuran se angkatan . Kelas XI itu pasti saling melihat perbedaan , dalam hal ini jurusan . Dan pasti masing2 dari jurusan ingin menunjukkan kebolehannya untuk menunjukkan , "jurusanku lebih baik daripada yang lain" . Namun pada Bulan Februari , akhrinya retret persiapan UN ditutup dengan bersatunya kembali angkatan 2009 . Walaupun di sela2 itu semua dihiasi dengan valentine , studi tur , acara OSIS , DBL , dan lain lain , yang membuat kita sebagai anak lab serasa ada aja kerjaan tiap bulan . Rasanya special bisa berada di angkatan seperti ini , terimakasih yaa selama 3 tahun ini :) . rasanya juga hebat bisa tau 5 angkatan yang lain selama SMA(dari angkatan desmon sampe adek kelas X) . buat adek kelas yang akur ya sama kelas 11 . Sekarang hanya tinggal membuat ending yang luar biasa yang paling sulit selama 3 tahun .


Ending sangat menentukan posisi sebuah cerita . Bayangin aja cerita romantis telenovela cowo dgn cewe tapi ternyata endingnya cowonya gay(homo/maho/hombreng/biseks/dll) . Pasti pembaca jadi kecewa berat hahaha , kira2 begitu kekuatan ending dalam cerita . Dan sejarahnya SMA LAB , ending sebuah angkatan belakangan ini kurang mulus(ada yang tidak lulus, masalah katalog, dan lain sebagainya) :p


Bersungguh sungguh sekarang selama 4 hari UN dan menjadi anak yang baik , itu saja sudah cukup asalkan kita(angkatan 2009) bisa lulus 100% :) . 3 tahun SMA kita terbungkus dalam 4 hari penentuan . Jangan egois dengan nilai sendiri , ataupun dengan kepandaian masing2 . kalau tidak tahu , ya tanya aja . Buat anak2 yang RANKINGnya di atas rata2(IPA, IPS, BAHASA) tolong bantu semua temen2 kita . menurutku prioritas ada di kelulusan bersama , kedua baru nilai pribadi . Belajar bersama dan saling mengajari bukan hal yang merugikan kok :)


"Kalian mungkin akan senang dan orangtua kalian akan bangga selama beberapa bulan jika nama disebutkan dalam acara wisuda sebagai peraih nilai tertinggi . Tapi apa gunanya kesenangan sekian bulan kalian jika ada teman satu angkatan yang tidak lulus dan berlarut dalam kesedihannya selama setahun mengulang ?masih bangga ?buatku, tidak . Oleh karena itu , belajar selagi ada waktu"



Mengingat aku(angkatan 2009) sudah tidak akan pelajaran lagi di kelas , aku dan semua teman2 minta maaf atas segala kenakalan kami terhadap  semua pihak sekolah selama 3 tahun ini , khususnya guru2 yang jengkel karena murid yang susah di atur . terimakasih juga ibu kantin yang kadang bisa di utangi juga , kalau lupa bawa dompet ataupun pak satpam dan staff lainnya . kepada para pemimpin sekolah(wakasek, kepsek, dll) sungguh sudah sangat sering melihat muka kami di kantor bapak/ibu sampai muak . tenang saja , kami juga berharap setelah ini tidak akan kembali ke sana lagi sebagai murid LAB. hahaha


terimakasih sudah mau membaca kelanjutan ini , mohon kritik dan sarannya . Sekarang sudah 3 bulan semenjak melepas jabatan keOSISan dan menulis edisi sebelumnya . Kenangan SMA biar tertulis disini sejarah angkatan 2009 . Kalau mau minta di tambahkan bagian yang kurang , bilang aja . boleh ngetagg gratis :) . sekarang H-3 UN , dan note ini akan berlanjut setelah wisuda saja . nanti setelah UN , kelas X dan XI masuk sekolah pasti ngerasa berbeda banget suasana sekolah saat ada kelas XII . buat angkatan adik kelas sukses terus yaa , ntar nek dah penjurusan jangan gep2an/musuh2an , ga ada gunanya . tubir aja asik hahaha . doakan kami yaa , agar semua bisa lulus . Ga hanya berlaku di LAB tapi di SMA lain juga buat lulus 100% :)



thanks a lot for reading :D 


No comments:

Post a Comment