Wednesday, June 6, 2012

Bhineka Tunggal Ika : Ras dan Satu

pada kesempatan kali ini , saya akan mencoba metode baru dalam posting blog . posting blog kali ini kita akan mulai dengan quiz teka-teki :

tebakan pertama :

Aku terlahir dengan tanda ciri khas uang di mataku . warna kulitku yang terkesan mencolok mengingatkanmu pada jejeran toko di jensud . aku mempunyai bahasa kode tersendiri untuk menyapa sesamaku(kakak , adik , kekasih , kakek , dll). aku dan gerombolanku menguasai 70% ekonomi di negara . wajar saja jika tiap orang yang kutemui pasti memiliki pandangan kalo aku kaum berduit(borjuis) . tak heran banyak yang menstigmatisasi aku dengan citra 'pelit' . walaupun begitu , tidak semua pelit . gerombolanku yang berstatus pelit dan benar-benar jahat umumnya berada di kota-kota besar(surabaya, semarang, dll) . sedangkan yang berasal dari kota biasa(salatiga, magelang, dst) jauh lebih baik dan sopan . siapakah aku ?

gimana ?sudah tau jawabanya ?kalo ga tau pasti elo kamseupay banget @@

tebakan kedua :

kalau ditanya apa yang paling mencolok dari aku , mungkin gaya bahasa dan suara keras yang lantang . mendengar sebutanku mungkin akan mengingatkanmu pada sebagian besar orang-orang penting negara yang terus bergulat pada dunia politik . Kalau yang tadi spesialis ekonomi , gerombolanku spesialis hukum . selain itu , aku juga terkenal dengan adat yang sangat panjang dan rumit . mengingat acara pernikahan saja bisa berlangsung 3 hari(pada normalnya) dengan berbagai ritual . Ya , budaya terus aku bawa dari tanah asal kami . terutama budaya pesta yang saat orang wafat tetap dilangsungkan pesta . Aku terkenal menguasai dunia balik layar negara dan sukses . kekeluargaan adalah prinsip hidupku . terhadap sesama , aku sangat 'generous' . aku juga paling terkenal dengan banyaknya makanan yang kami konsumsi . siapakah aku ?

setelah tebakan pertama , pasti sudah bisa menebak yang kedua . ckck
oke , kita ke tebakan ketiga :

tebakan ketiga :

dalam bahasaku , kata 'kita' bisa diartikan 'aku/gue' dan kata 'ngana' bisa diartikan 'kamu/elo' . aku sebenarnya sudah campuran dari berbagai gerombolan penjajah pada jaman bahula kala(belanda, jepang, pribumi) . Jadi , aku blasteran . dan ga salah kalo kata blasteran yang melekat padaku identik dengan 'cantik/ganteng' . Sebagian besar kami berkulit putih , dan juga berbahasa halus . Kami terkenal dengan makanan yang serba apa aja(babi, kelelawar, tikus, anjing, and friends) . Makanan biasanya kami hidangkan dengan rempah-rempah yang pedas karena asal kami adalah tempat yang dingin . Kami tidak kalah dengan tebakan kedua soal pesta . kami juga raja pesta . dan yang terkenal dari kami juga miras(saguer, cap tikus, dkk) . Hidup kami memprioritaskan gaya dan fashion karena tanah kami yang subur , itulah prinsipku . salah satu dari sejenisku yang terkenal adalah juri indonesian idol 2012 agnes monica . siapakah aku ?

yaa , mungkin ini lebih susah dari 2 tebakan sebelumnya tapi tetap mudah kok kalau kamu ga kamseu ga tau asal usul agens monica .

Okee , dari ketiga pertanyaan quiz pamungkas di atas sudah tau jawabannya ?

(5 menit berfikir ) skip by scrolling the mouse down


...
..
.






..

dan jawabannya adalah :

1.Tionghoa/Chinese/China
2.Batak(banyak akal tak akan kesusahan)
3.Manado/Minahasa

Sekarang sapa yang merasa dirinya keturunan cina angkat tangan :
jawab : sayaa pak ! (penulis)
Okee , sekarang yang keturunan batak mana :
jawab : saya lagi pak , hehehe(penulis)
Bagaimana yang orang manado , sapa hayo :
jawab : akuu paak ! wkwkkwk (penulis)

yaa , emang aku terlahir dengan tiga ras menempel di darah(cina, batak, manado) tapi lahirnya di jawa . Bisa bahasa mandarin(cina), manado, sama jawa, tapi ga bisa bahasa batak(bisanya horas horas doang :p) . Jadi jangan berprasangka buruk dulu atas tulisan-tulisan diatas ini.

Tulisan ini SAMA SEKALI BUKAN untuk penghinaan satu ras/diskriminasi atau apalah yang bersifat negatif . tulisan ini lahir dari pemikiranku sewaktu dari kecil aku hidup di lingkungan UKSW dan sekolah lab yang indonesia mini(ras dari mana aja ada) . Sayangnya , kesatuan justru sulit tercipta . Dan ada satu point yang ak simpulkan dari hasil survei , yaitu :

Orang tidak mau mengakui kenyataan dirinya sendiri 

Contohnya yang nyata orang cina pasti ga suka kalo di bilang sipit , atau mungkin orang papua di bilang hitam , dan masih banyak lagi hinaan rasis . Tapi faktanya juga memang kita dilahirkan dengan ras yang sudah menempel pada kita . mau di apa-apain juga tetep kayak gini . Kita tidak akan bisa mengubah kenyataan adanya diri kita sendiri . Ntar malah bisa jadi kayak michael jackson yang sebenarnya orang negro , tapi operasi plastik biar putih kayak bule malah jadi kayak boneka @@

Kalaupun beberapa orang berdalih dengan alasan 'tersinggung' juga sama aja salah . kenapa ?karena kalau orang itu tersinggung , artinya dia masih mempertahankan ke eksklusifan dirinya . Dia masih percaya nantinya rasnya akan berkuasa di antara yang lainnya . ALIAS GA ADA JIWA NASIONALIS . Mau kamu cina , batak , papua , jawa , or anything kamu tetep orang indonesia . kita satu dalam indonesia . berbeda ras boleh saja , tapi tetap satu negara : thats INDONESIA :)

Yaa tulisan ini muncul semata-mata karena prihatin saja adanya diskriminasi , khususnya ras di Jawa . contoh nyatanya liat aja di sekolah kamu . pasti kebanyakan orang cina itu bergaulnya sama orang cina juga , orang timur sama orang timur juga , and so on the others . Salah satu fakta lucu adalah di indo , orang indo keturunan cina dianggep cina . tapi di negara cina sendiri , orang indo ketururnan cina dianggep indo . ironis ya , padahal di negara sendiri kayak mafia gitu kumpul satu geng terus .

Salah satu fakta yang lucu juga itu adalah orang cina indo itu kebanyakan terinspirasi sama k-pop(ngaku lo :p) . ga ada yang salah sih , cuma aneh aja cuma karena tampang dan warna kulit hampir sama makannya memiripkan diri . yaa , emang ga cuma terjadi sama orang indo cina sih yang namanya demam k-pop . denger-denger yang lagi parahnya k-pop tu di bagian bandung ==a

Akhir kata , ada beberapa pesan buat pembaca sebagai intisari dari tulisan ini :
Kita memang dilahirkan berbeda , jadi jangan tersinggung dengan perbedaan pada di sendiri . Tapi juga JANGAN SEKALI KALI menggunakan ras sebagai bahan ejekanmu kalo bukan buat temen deketmu .

Bertemenlah dengan siapa saja dari ras manapun . Kalau emang cuma mau bergaul dengan teman satu ras , mending deportasi aja ke tempat asal .

Maaf kalau tulisan ini banyak menyinggung pembaca sekalian , tapi apa yang saya tulis disini berisikan cerminan kehidupan pribadi saya yang saya rasakan langsung . Mengingat saya adalah orang blasteran ras cina-manado-batak , saya tidak ada untungnya menghina sesama ras saya sendiri . semoga tujuan saya untuk menciptakan lingkungan yang lebih welcome untuk semua orang dapat terwujud dari tulisan ini . terimakasih sudah membaca , maaf kalau tulisan ini masih kurang berguna juga . sekian dari saya :)

*p.s : sudah pagi jam 00.19 , penulis ingin tidur dulu @@



thanks for reading
7 June 2012
@albert_karwur

No comments:

Post a Comment