Thursday, March 28, 2013

Seputar Duniaku



Nama saya Albert Oloan Tona’as Karwur, namun lebih akrab dengan sapaan Abe. Umur saya 17 tahun, dan saya adalah mahasiswa Fakultas Biologi Univeristas Kristen Satya Wacana angkatan 2012. Walaupun saya lahir dan besar di kota Salatiga, saya bukan orang Salatiga asli. Ibu saya adalah orang batak (daerah etnis Sumatra Utara) dan Bapak saya adalah orang tionghoa-minahasa (daerah etnis Sulawesi Utara). Kedua orangtua saya bertemu di kampus UKSW semasa kuliah dan menetap di Salatiga. Saya memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai budaya dengan latar belakang orangtua saya, namun karena besar di tanah Jawa saya juga mengenal budaya Jawa. Saya cukup lancar dalam berbagai bahasa Nusantara, diantaranya bahasa Manado, bahasa Jawa, dan bahasa Indonesia. Selebihnya saya juga menguasai bahasa Inggris dengan baik, karena saya menghabiskan masa kecil saya di London selama 4 tahun. Saat itu bapak saya mengambil studi lanjutan di Imperial University, sehingga saya juga cakap berbahasa Inggris. Saya dapat berbicara bahasa Mandarin juga, namun tidak terlalu lancar. Dulu semasa SMP, saya diajari bahasa Mandarin di sekolah. Mengenai sekolah, dari SD sampai SMA saya bersekolah di yayasan Kristen Satya Wacana atau yang terkenal dengan nama Laboratorium. Jadi, saya benar-benar memahami kehidupan di UKSW karena sudah berada di UKSW sejak SD.
Mengenai kehidupan saya, saya aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan. Diantaranya saya mengikuti kelompok bakat dan minat debat bahasa inggris. Selain itu, saya juga aktif dalam lembaga kemahasiswaan. Dalam struktur senat mahasiswa aras fakultas, saya berada pada ketua bidang 2 sebagai magang pada tahun pertama saya kuliah. Selain berkegiatan sebagai mahasiswa, saya juga sangat menyukai olahraga. Khususnya olahraga futsal, basket, dan berenang. Musik juga merupakan salah satu hal yang saya sangat sukai. Saya menyukai semua aliran musik, namun lebih cenderung menyukai aliran groove. Hobi saya dalam bermusik tidak sebatas mendengar saja, saya juga suka menyanyi dan bermain alat musik. Biasanya saya bermain alat musik gitar, bass, dan piano. Saya memiliki beberapa band dan sering bermain pada beberapa acara musik.
Saya tertarik mengikuti program “Sahabat LTC”, karena saya tertarik dengan budaya orang asing. Selama program berlangsung, saya dapat mempelajari banyak hal baru dari para peserta begitu juga sebaliknya. Alasan kedua saya mengajukan diri menjadi “Sahabat LTC” adalah karena jam semester antara yang tidak terlalu padat sehingga memberi banyak waktu luang. Daripada waktu terbuang percuma, saya rasa akan lebih bermanfaat jika saya mengikuti program ini dan belajar banyak hal baru. Semoga program ini dapat menjadi pengalaman yang berkesan bagi kita semua.




Albert Oloan Tona’as Karwur
Fakultas Biologi
412012006

No comments:

Post a Comment