Friday, August 31, 2012

Dunia Baru, Atmosfer Baru; Universitas

Setelah agak lama tidak ngeblog, akhirnya punya waktu juga untuk menyempatkan diri mengisi blog ini kembali. Kali ini berisi pengalaman pertama dalam dunia perkuliahanku di UKSW fakultas biologi. Sekaligus juga untuk menutup bulan agustus ini, enjoy it.

Berawal pada tanggal 27 Agustus 2012 jam 5 pagi aku udah bangun dari tempat tidur(biasanya selama liburan bangun jam 8 keatas). Sesaat aku berdiri dan sadar tak ada tanda-tanda kehidupan selain aku sendiri yang sudah bangun. Langsung kuambil handuk dan mandi. Jam 6 kurang 15 mara tiba di rumahku dan langsung kami pergi ke kampus(wejiaan, saiki mahasiswa).

Setibanya di kampus sudah agak ramai, mahasiswa baru(disingkat maba) sudah penuh memenuhi areal sekitar lapangan sepakbola UKSW. Tak lama setelah itu berbarislah kami menurut masing-masing fakultas. Sempet bingung karena susah mencari gerombolan maba fakultas biologi yang mahasiswanya paling sedikit(cuma 22). Lalu berlangsunglah acara gladibersih pembukaan OMB 2012. Tak lama setelah beberapa hal-hal kecil, selesailah hari pertama OMB.

Esoknya pada jam 5 bangun lagi dan mengulang hari kemarin dan menuju kampus dengan mara. Kali ini dimulai dengan kami berkumpul pada gedung fakultas kami masing-masing dan nantinya akan berurutan masuk dalam parade kecil memasuki lapangan sepakbola UKSW(kalimat yang panjang banget). Dimulailah acara pembukaan OMB yang selesai dengan melepas balon ke langit(yang akhirnya nyangkut di pohon).

Seselesainya acara pembukaan OMB pergilah kami ke fakultas mengurus perwalian dan menyusun jadwal kuliah yang sama. karena penulis agak lupa apa yang terjadi setelah itu, intinya pulang ke rumah dan selesai hari kedua OMB.

hari ketiga OMB dimulai agak berbeda dengan biasanya. Sesaat setelah bangun pagi, perut rasanya sakit ga karuan dan butuh penyelesaian alam untuk hal ini. Langsung kuhubungi kakak fasilitatorku/mentorku kalo bakal telat datang dan menyelesaikan urusan perut di kontrakan temenku. Ternyata setelah menyusulpun aku belum telat.

Singkat cerita pergilah kami ke BU dan mendapatkan pengarahan tentang tugas maba di OMB(tanam pohon, drumleg, kostum). Untungnya biologi yang karena orangnya sedikit langung dikelompokan jadi satu kelompok dan betugas drumleg. Setelah itu, kami mendengarkan visi, misi, dan sejarah UKSW yang amat sangat lama dan beruntungnya saya bisa keluar dari BU dalam keadaan hidup-hidup.

Dari BU pergilah kami menunju gedung fakultas kami untuk mendengarkan sepatah kata dari alumnus biologi dan juga penjelasan singkat mengenai LK aras fakultas. Setelah itu, pergilah kami mengambil peralatan drumleg kami masing-masing dan ditaruh di kostnya temenku(sialnya aku dapet yang paling berat dan besar;tong sampah biru gede).

Hari terakhir OMB dimulai sama seperti biasanya. Begitu sampai kampus, fakultasku langsung di bimbing menuju gedung baru FEB. Disana ada ibadah singkat lalu ada sesi dan pengenalan LK aras universitas. Sejujurnya aku terkesima melihat LK universitas yang terlihat dari mantan ketuanya memiliki kharisma leader. Dan dalam leadership itu excellent banget jadi pemimpin punya itu.

Setelah acara di gedung baru FEB, pergilah kami ke gedung perpustakaan dan ada acara pengenalan disana. Tidak lama acara itu berlanjut ke siasat dan pulanglah kami.

Acara OMB berlanjut kembali pada sore harinya pada acara malam inagurasi. Pada malam penutupan OMB tersebut aku agak telat dan belum sempat makan(lafar sekali saat itu). Acara itu intinya berisi ibadah dilanjutkan dengan beberapa pengenalam KBM(semcam ekstrakurikuler) seperti : paduan suara, vokal grup, karate, taekwondo, capoeira, wushu, kempo.

Pada sela-sela pengenalan KBM tersebut akhirnya datanglah yang kutunggu-tunggu; makanan. Makanan kali ini agak spesial dan mengundang selera begitu melihat bungkusnya; KFC. Setelah akhirnya dari hari pertama OMB di kasih breadtalk, akhirnya dapet nasi juga. Tapi sejenak bingung pas buka bungkusnya dapet ayam bagian wing/sayap. Nah, gimana caranya makan sayap ayam dengan sendok plastik ?. Intinya berhasil terlewati tantangan satu itu.

Acara berlanjut sampai agak malam dengan band perkusi(kalo ga salah namanya wangwung), dan sekawan band, lalu band hip-hop. Dimulai dari band hip-hop anarki sudah menghiasi depan panggung. Hampir berulang kali ada maba yang berkelahi karena tersenggol pas lagi asik joget di depan. Ya malam itu berakhir dengan baik. Cukup menyenangkan :)

Begitulah kisah yang terjadi selama tanggal 27-30 Agustus. Mungkin ekspektasiku terhadap OMB terlalu besar jadi merasa sedikit kecewa. But after all, it was great. Banyak temen baru di aras universitas. Tapi yang jelas sekarang aku ngerasain atmosfer yang berbeda dengan SMA. Besok senin UKSW baru akan memulai kegiatan perkuliahan. Semoga bisa sukses di perkuliahan dan mendapatkan pengalaman yang tak kalah dengan pengalaman SMA.



thanks a lot for reading.
Albert Oloan Tona'as Karwur
31 August 2012

2 comments: